Sunday, July 23, 2017

Spesifikasi Dari Baut Dan Mur

Spesifikasi Dari Baut Dan Mur

rumahotomotive.blogspot.com
                                      

# BAUT

1) Lebar yang sejajar - menunjukkan ukuran dari kunci yang digunakan.
2) Diameter mur.
3) Lebar yang tidak sejajar.
4) Daerah dekat efektif.
5) Panjang baut.
6) Lebar yang tidak sejajar.
7) Diameter baut.
8) Tingkatan dekat pengikat - jarak dari titik satu pengikat dihubungkan ke titik pengikat berikutnya.

➲ Tipe Baut Dan Mur

      Baut mempunyai nama yang berbeda-beda sesuai bentuk kepala dan penggunaannya. Berikut ini adalah baut yang umum nya digunakan pada auto mobil :

1) Baut Dengan Kepala  Hexagonal
Ini adalah tipe baut yang sangat umum, beberapa diantaranya digunakan pada mobil. ada beberapa baut yang dilengkapi dengan flange (plat) atau washer di bagian bawah kepala baut.

2) Baut U
Baut ini digunakan untuk mengikat pegas daun pada axle dan lain-lain dan disebut baut U.
                     rumahotomotive.blogspot.com

3) Baut Tanam
Baut ini digunakan untuk memasang exhaust mani fold dan differential.

# MUR

Berikut ini adalah mur yang biasanya digunakan pada mobil.

1) Mur Segi Enam (Hexagol nut)
Mur ini adalah tipe yang sangat umum, mempunyai beberapa flange di bawahnya.
                     rumahotomotive.blogspot.com

2) Capped Nut (mur bertopi)
Mur ini digunakan sebagai mur hub, Mur ini mempunyai tutup untuk melindungi ulirnya.
                    rumahotomotive.blogspot.com

3) Castle Nut (mur berbentuk benteng)
Mur ini mempunyai celah atau lubang. Cotter pin ditempatkan didalam celah tersebut untuk mencegah mur berputar sehingga menjadi longgar.


➲ Cara Mengunci 

Cara mencegah baut dan mur agar tidak menjadi kendor. Metoda berikut biasanya digundakan pada automobil.

1) Mur Pengunci
Mur pengunci (lock nut)  mempunyai bagian yang dibentuk dari ulir pengikat atau yang dibentuk setelah dikeraskan. Umum nya digunakan pada komponen pemindahan daya dari mobil.

2) Washer
Washer umumnya diklasifikasikan ke dalam dua tipe oleh cara-cara pengunciannya. Spring washer dan waved washer menggunakan gaya pegasnya untuk memperkuat penguncian. Washer yang bergigi (toothed washer) mempunyai gigi yang sesuai dengan gigi-gigi pada komponen tempat nya berkait pada saat dihubungkan.
rumahotomotive.blogspot.com

3) Cotter Pin 
Cotter pin tidak dapat mengunci sendiri. Biasanya dikombinasikan dengan mur benteng (castie nut) dan lock nut caps. 
- Cotter pin penggunaannya tidak dapat diulang.
- Apabila lubang baut tidak segaris dengan lubang castle nut, putar mur tersebut searah jarum jam           hingga tepat. 
rumahotomotive.blogspot.com

4) Locking Plate
Plat pengunci (locking plate) seperti diperlihatkan di bawah ini, juga digunakan untuk mencegah pengikat menjadi kendor. Umumnya sering digunakan pada komponen differential dalam mobil.
rumahotomotive.blogspot.com

➲ Pengerasan Baut

       Baut di keraskan dengan kunci momen (torquw wrench) pada momen tertentu yang dijelaskan dalam buku pedoman reparansi.
Cara Menentukan Kekerasan Baut :
rumahotomotive.blogspot.com

Spesifikasi Pengerasan 
rumahotomotive.blogspot.com

Baut Plastik Region
      Pengeras baut plastik region (plastic region) adalah cara yang digunakan pada baut kepala silinder dan baut batang torak dari beberapa mesin.
rumahotomotive.blogspot.comBiasanya baut ini dikeraskan melalui elastisitas region (seperti yang di perlihatkan di bawah). Momen pengerasnya bertambah untuk membagi putaran pada sudut perputaran baut. Saat baut dikeraskan menjadi elastis, hanya merubah sudut putar baut tetapi momennya tetap sama. baut macam ini disebut plastic region.
Keistimewaan baut plastik region digunakan dalam komponen utama mesin dan beberapa diantaranya dapat digunakan lagi hanya untuk spesifikasi tertentu.

0 comments