Monday, July 24, 2017

Pengertian AC Mobil, dan Fungsinya, beserta Cara Pengisian Freon Pada Mobil

Pengertian AC Mobil, dan Fungsinya, beserta Cara Pengisian Freon Pada Mobil

hai sobat kali ini saya akan memberikan informasi tentang Ac pada mobil, Mungkin dari teman-teman masih ada yang kurang faham tentang Ac (air conditioner). Kebetulan sekali saya akan memberikan informasi  ini, semoga informasi ini akan memberikan wawasan yang lebih luas.

A. Pengertian Dasar Tentang AC (Air Conditioner)
Secara umum AC (air conditioner) adalah suatu rangkaian mesin yang memiliki fungsi sebagai pendingin udara yang berbeda di sekitar mesin pendingin tersebut.
Secara khusus pengertian AC (air conditioner) adalah suatu mesin yang digunakan untuk mendinginkan udara dengan cara mensirkulasi gas refrigerant berada di pipa yang di tekan dan di hisap oleh kompresor.

rumahotomotive.blogspot.com

Pada dasarnya sistem kerja ac mobil adalah sirkulasi udara dimana komponen-komponen berfungsi saling berkaitan satu dengan yang lain, dengan freon (gas pendingin) sebagai aliran sirkulasi itu sendiri. aliran tersebut terus menerus bersirkulasi semala mesin masih hidup.

B. Fungsi Air Conditioner (AC)
Air Conditioner atau sering disingkat AC ini merupakan suatu sistem yang ada pada kendaraan atau mobil yang memiliki peran untuk membuat temperatur atau suhu didalam kabin mobil tersebut menjadi sejuk, sejuk disini dapat di artikan dengan dingin, nyaman, enak dan lain sebagainya. Ketika di siang hari pada umum nya suhu di dalam mobil meningkat dan akan terasa panas, maka dengan menghidupkan Ac (air conditioner) suhu yang tadinya meningkat panas akan diserap sehingga temperatur udara di ruangan akan semakin sejuk, ini fungsi ac sebagai mengontrol temperatur atau suhu.

Ada 4 fungsi yang akan meningkat kan kenyamanan ketika berkendara :
1). Mengontrol temperatur
2). Mengontrol sirkulasi udara
3). Mengontrol kelembaban
4). Memurnikan udara (Purification) 

Hampir semua kendaraan keluaran terbaru ini sudah dilengkapi dengan Air Conditioner (AC), bahkan mobil-mobil lama pun sudah di modifikasi dan di tambah kan dengan ac ini. AC memang sangat di butuhkan terutama di indonesia yang memiliki iklim tropis yang pada umumnya ketika siang hari udara terasa panas, sehingga akan mengurangi kenyamanan ketika berkendara.

C. Cara Pengisian Freon Pada Mobil
Salah satu komponen atau bagian terpenting dalam sistem kerja AC mobil adalah difregerant atau freon. Freon merupakan cairan khusus yang berguna menciptakan hawa sejuk sehingga dapat mendinginkan udara di dalam kabin mobil. Karena freon berupa cairan yang diuapkan untuk menyejukkan ruangan, maka freon sudah pasti akan habis. Biasanya freon habis karena adanya kebocoran yang terjadi pada selang-selang atau pipa-pipa yang menghubungkan beberapa komponen AC mobil. 
Berikut ini adalah langkah- langkah yang harus dilakukan dalam mengisi freon AC mobil :

→A. Sebelum Mengisi Refrigerant 
Sebelum mengisi refrigerant sistem rangkaian harus dalam keadaan kosong, tidak ada udara ataupun uap air yang tersisa di dalamnya. Untuk mengosongkan sistem rangkaian ini lakukanlah langkah pengosongan dengan menggunakan alat pompa vakum (vacum pump).

Prosedur Pengosongan :
⇛ Tutup kedua katup manifold gauge.
⇛ Pasang manifold gauge ke kompresor dengan selang merah ke nipel tekanan tinggi.
⇛ Selang biru ke nipel tekanan rendah serta selang hijau ke nipel tekanan tinggi.

     Bukalah salah satu katup manifold dan hidupkan pompa vakum.

rumahotomotive.blogspot.com

⇛ Bacalah ukuran pada vakum gauge, hingga menunjukkan angka +/-600 mmHg (23,62 inHg ; 80 kPa)
⇛ Bukalah sisi katup manifold yang lain agar vakum bekerja dari dua sisi untuk lebih mengefisienkan kerja pompa vakum.

Baca kembali ukuran pada vakum gauge dan pastikan sistem telah bersih dari udara maupun uap       air dengan angka penunjuk berada pada angka 750 mmHg (29,53 in Hg; 99,98 kPa).

⇛  Biarkan pompa vakum tetap hidup kurang lebih selama 30 menit.
⇛ Tutup kedua katup manifold sebelum mematikan pompa vakum.
⇛ Tunggu kurang lebih 15 menit dan amati angka penunjuk meteran. Bila terjadi penurunan maka berarti dalam sistem rangkaian masih terjadi kebocoran.
⇛ Cari kebocoran dengan alat deteksi kebocoran sampai ditemukan dan harus diperbaiki.

→B. Mengisi Refrigerant
      Sebelum mengisi refrigerant pastikan langkah-langkah berikut ini sudah dilakukan : 

rumahotomotive.blogspot.com

Sediakan alat :
1. Manifold gauge (alat pembaca tekanan rendah dan tinggi)
2. Tabung Freon R12

mesinotomotif.com

Perhatikan langkah berikut.
1) Pada manifold gauge, terdapat 3 selang. Warna kuning yang di tengah terhubung ke tabung Freon, warna biru terhubung ke Low Pressure Pentil (pentil yang dekat dengan selang ac yang dingin saat ac dinyalakan), dan selang terakhir berwarna merah terhubung ke Hingh Pressure Pentil (selang yang menuju kondensor di bagian depan mobil, yang biasanya dekat dengan radiator dan juga didinginkan dengan kipas elektrik).
2) Pastikan semua valve dalam keadaan tertutup, lalu hubungkan tiap selang ke portnya masing2X.
3) Buka sedikit valve dari tabung, lalu menempel ke Manifold gauge. Tunggu sampai terdengar bunyi Hiss selama 4 detik. Tujuan untuk membuang udara yang ada dalam selang kuning dan menggantinya dengan Freon.
4) Tutup/rapatkan kembali pada selang kuning di manifold gauge tadi, dan tutup juga valve pada tabung Freon.
5) Nyalakan mesin dan ac pada setting fan yang paling cepat dan suhu yang paling rendah / dingin dalam keadaan jendela terbuka.
6) Setel engine  hingga running pada rpm 1100 sampai 1500.
7) Buka ke 2 valve manifold (low dan high) hingga terbaca penunjukan. 
8) Idealnya, tekanan rendah maximum 40 PSI, tekanan tinggi maximum 225 PSI.
9) Jika kurang, berarti Freon harus di tambah.
10) Tutup kembali semua valve, lalu buka sedikit valve tabung.
11) Buka valve biru atau low pressure disinilah proses pengisian Freon berlangsung. Tunggu sesaat hingga penunjuk akan naik dan terbaca 35 (hingga 40) PSI.
12) Dengan mesin tetap menyala, tutup valve low press dan tutup valve tabung.
13) Buka kembali ke 2 valve low and high. Step ini adalah proses pembacaan penunjukan, jika high pressure belum mencapai 200 PSI, ulangi langkah 10.
14) Begitu seterusnya sampai pembacaan maximal pada point 8.
15) Jika terjadi ketidak sesuaian pembacaan antara low dan high, berarti ada sistem yang tidak bekerja sempurna.

Demikian lah inti pembahasan dari Pengertian AC Mobil, dan Fungsinya, beserta Cara Pengisian Freon Pada Mobil, saya berharap informasi ini dapat bermanfaat untuk banyak kalangan. Terimakasih.

0 comments