Saturday, July 22, 2017

Pengertian Sistem Rem Dan Fungsinya Pada Mobil


Salah satu bagian penting dari sebuah mobil adalah sistem rem, fungsi dari sistem rem adalah mengurangi kecepatan atau memperlambat laju kendaraan, menghentikan kendaraan dan parkir. Saat ini sebagian besar mobil menggunakan sistem rem hidrolik dengan dengan rem cakram di bagian depan dan rem tromol di bagian belakang. Masing-masing menggunakan silinder rem yang di kontrol oleh silinder master. Sistem hidrolik menggunakan fluida cairan dalam kerjanya, berguna menekan komponen yang bergerak pada roda untuk mengurangi atau menghentikan laju roda kendaraan sesuai dengan prinsip kerja kerja sistem hidrolik. Rem bekerja atas gesekan pada pad rem/kanvas rem dengan permukaan tromol/cakram yang ikut berputar dengan roda. Tekanan yang bekerja pada permukaan tromol/cakram dikontrol oleh pengemudi melalui sistem rem.

Jadi pengertian sistem adalah komponen kendaraan yang berfungsi untuk memperlambat/menghentikan kendaraan dengan cara mengubah energi panas/gesek dan bekerja dengan cara memberi tekanan pada permukaan tromol/cakram dalam prosesnya digunakan gaya gesek seta untuk keperluan parkir.


Baca Juga : Pengertian Ban Biasa dan Ban Tubeless Pada Kendaraan
                 : Pengertian AC Mobil, dan Fungsinya, beserta Cara Pengisian Freon Pada Mobil


B. Jenis-jenis Rem
    
Rem yang dipergunakan pada kendaraan bermotor dapat digolongkan menjadi beberapa tipe tergantung pada penggunaannya yaitu sebagai berikut :

=> 1. Rem Kaki
   
Rem kaki adalah untuk mengontrol kecepatan dan menghentikan kendaraan. Rem kaki (foot break) dikelompokkan menjadi dua tipe, yaitu rem hidraulis (hydraulic break) dan rem pneumatik (pneumatic break).

=> 2. Rem Parkir
   
Rem parkir (parking break) digunakan terutama untuk memarkir kendaraan, agar mobil tidak bergerak saat parkir. Cara kerjanya yaitu dengan menarik tuas rem parkir, maka rem bekerja melalui parking brake cable, intermadiate lever, pull rod, equalizer, parking brake cable kiri dan kanan.

a. Jenis-jenis Rem Parkir

1) Sharing
    
 Tipe ini di gabung dengan rem kaki. Hubungan nya dilakukan secara mekanik dengan sepatu rem atau pad rem. Pada rem cakram mekanisme rem parkir disatukan dalam caliper rem.

2) Devoted
   
Rem parkir tipe devoted, digunakan pada mobil yang menggunakan rem belakang model cakram. Pada tipe ini cara kerjanya sama dengan tipe rem parkir tromol.
3) Center Brake
    
Tipe ini banyak digunakan pada kendaraan komersial (niaga). Tipe ini adalah salah satu tipe rem parkir tipe normal yang dipasangkan diantara transmisi dan propeller shaft.


b. Jenis-jenis Tuas Rem Parkir


1) Tuas Type 
    Biasanya digunakan pada kendaraan penumpang dan kendaraan commercial.

2) Stick Type
    Biasanya digunakan pada kendaraan commercial.

3) Pedal Type
    Biasanya digunakan pada kendaraan panumpang dan kendaraan mewah. Cara membebaskannya                 menggunakan pedal.

=> 3. Rem Tambahan

       Rem tambahan (auxiliary brake) digunakan pada kombinasi rem biasa (kaki) yang digunakan pada truk diesel dan kendaraan berat. Macam-macam nya antara lain :

a) Rem Udara, adalah sistem rem yang menggunakan tenaga udara (air compressed) untuk                               menggerakkan/mengoperasionalkan rem.
b) Rem Vakum, adalah sistem rem yang menggunakan tenaga vakum untuk                                                       menggerakkan/mengoperasionalkan rem.
c) Rem Gas Buang, adalah sistem rem yang menggunakan gas buang untuk melakukan pengereman.

0 comments